Skip to main content

Budidaya Ikan Mas (Kolam Terpal)

Budidaya Ikan Mas (Kolam Terpal)
Budidaya Ikan Mas (Kolam Terpal)Tips Wirausaha - Melakukan budidaya ikan mas di kolam terpal memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya adalah tempat yang lebih efisien karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk mempersiapkan sebuah kolam tanah. Kualitas air dan kebersihan air lebih terjamin, sehingga mengurangi resiko terjadinya infeksi penyakit pada ikan mas pada saat melakukan budidaya. Dengan menggunakan cara budidaya ikan mas di kolam terpal, lebih mudah dalam melakukan perawatan dengan suhu air yang lebih stabil.

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal
cara budidaya ikan mas di kolam terpal

Setelah mengetahui manfaat budidaya ikan mas di kolam terpal. Hal yang kemudian Anda lakukan adalah dengan menentukan jenis budidaya ikan mas yang akan Anda budidayakan. Apakah untuk budidaya pembibitan ikan mas, atau untuk budidaya ikan mas untuk dikonsumsi.Lalu, bagaimana langkah-langkah budidaya ikan mas? Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal antara lain adalah:

1. Persiapan Kolam Terpal
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan kolam terpal untuk tempat budidaya ikan mas. Cara budidaya ikan mas di kolam terpal harus memperhitungkan kalkulasi yang tepat antara besar kolam dengan jumlah ikan yang akan diternakkan.Anda juga harus mempersiapkan beberapa bahan untuk digunakan dalam pembuatan kolam terpal. Bahan tersebut antara lain sebuah terpal, kayu/batako/papan/tanah untuk tempat menahan terpal dan beberapa peralatan lain yang mampu mendukung proses pembuatan kolam terpal.

2. Persiapan Dalam Pembibitan
Cara budidaya ikan mas di kolam terpal selanjutnya adalah memilih bibit yang tepat. Anda bisa melakukan 2 cara dalam proses persiapan pembibitan. Yang pertama Anda bisa membeli bibit yang berkualitas atau menternakkan sendiri bibit ikan mas yang berkualitas. Apapun caranya yang akan Anda terapkan, pilihlah bibit ikan mas yang berkualitas baik untuk hasil panen yang lebih baik nantinya.

3. Proses Perawatan Ikan Mas
Cara budidaya ikan mas di kolam terpal selanjutnya adalah proses perawatan ikan masitu sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan ikan mas di kolma terpal adalah memperhatikan asupan makanan yang Anda berikan pada ikan lele. Anda bisa memvariasikan makanan bagi ikan lele Anda untuk hasil panen yang bagus.
Kemudian kualitas air juga harus Anda perhatikan, agar ikan lele yang Anda ternakkan tidak mudah terserang penyakit karena air yang memiliki kualitas yang buruk. Pastikan untuk mengganti air secara berkala agar air selalu berada pada kondisi yang bagus.

Cara budidaya ikan mas di kolam terpal memang sedikit susah-susah gampang. Yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas bibit ikan, asupan makanan dan kualitasair yang akan menentukan hasil panen ikan mas Anda nantinya. Dengan sedikit ketelatenan dan kesabaran Anda dapat menghasilkan ikan mas dengan kualitas tinggi untuk Anda panen dan pasarkan.

Popular posts from this blog

Budidaya Kacang Tanah

Tips Wirausaha - Tanaman kacang tanah tergolong kerabat dekat polong-polongan (fabaceae ) dan tanaman ini berasal dari Negara Brazillia,Amerika Selatan, dan kacang tanah di Indonesia merupakan tanaman terpenting ke-dua (2) dalam jenis kacang-kacangan setelah kedelai.Tanaman kacang tanah mungkin tidak asing diteliga sahabat petani semua,jenis tanaman yang satu ini lebih poluler sebagai olah makanan. Kondisi iklim Indonesia yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman ini menjadikan tanaman mudah sekali beradaptasi, berdasarkan informasi pasar terkini  untuk harga kacang tanah kupas kering berkisar Rp.17.000-Rp.18.000 dan untuk kacang tanah basah berkulit Rp.8000.-Rp.9000,  hal ini menjadi prospek budidaya menjanjikan untuk memulai usaha budidaya kacang.

Penghasil Rempah Dunia

Indonesia, Penghasil Rempah Dunia Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau memiliki rasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil pada makanan, berfungsi sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering.Rempah-rempah merupakan barang dagangan paling berharga pada zaman prakolonial. Banyak rempah dulunya digunakan dalam pengobatan.

BUDIDAYA TIMUN DALAM POLYBAG

Bagaimana cara menanam mentimun dalam pot/polybag? atau Bagaimana cara budidaya mentimun dalam pot/polybag? Pekarangan kecil di rumah atau bahkan hanya teras tanpa halaman yg cukup luas, tidak jadi penghalang untuk punya kebun sayuran sendiri. Bagaimana kalau anda mencoba untuk bertanam sayur mayur di perkarangan terbatas ? Selain membuat rumah indah terdapat keuntungan-keuntungan lainnya , yaitu ;