Skip to main content

Membuat Penetas Telur (ayam,Itik,Bebek,Burung Puyuh)

Info Zafran - Bagi Anda yang ingin memulai menjalankan usaha ternak unggas seperti (Ayam, Bebek, Burung Puyuh dan Burung lainnya) dan menginginkan alat penetas telur dengan biaya yang murah, Anda bisa mencoba mengikuti tutorial kami tentang bagaimana cara membuat mesin penetas telur sederhana. Mesin yang akan kita buat ini mempunyai kapasitas daya tampung + 36 butir telur dan untuk membolak-balikkan telur harus dilakukan secara manual. Untuk cara kerjanyapun juga sederhana yaitu hanya membuat kondisi atau keadaan hangat layaknya telur yang sedang dierami induknya. Sebelum kita memulai membuat alat tetas telur sederhana, siapkan terlebih dahulu alat-alat dan bahan-bahannya seperti :


BAHAN   
  • Multiplek ± 75cm x 120cm = 1 lembar    
  • Triplek + 30cm x 36cm   
  • Kayu kecil (Reng) secukupnya dan pastikan cukup untuk ukuran :
  • - 40cm = 1 batang   
  • - 30cm = 2 batang   
  • set penerangan :   
  • - Lampu pijar 5W = 2 buah   
  • - Fitting lampu = 2 buah    Tang
  • 1 Termostat   
  • Kabel listrik ± 3M   
  • 1 Lembar kawat kasa 0,6cm (26,25cm x 36,25cm)   
  • 1 Lembar plastik mika ukuran kertas folio   
  • 1 Saklar On/Off   
  • Klem kabel (Penjepit Kabel)   
  • Isolasi secukupnya   
  • 1 Termometer   
  • 1 pcs Stop Kontak   
  • 1 lonjor lem bakar   
  • 2 buah engsel pintu kecil   
  • 1 buah bak air   

Peralatan Yang Dibutuhkan :


Gergaji,Palu,Penggaris siku,Meteran,Tatah/ Bor (Pelubang Kayu),Cutter,Lem kayu secukupnya ,Obeng Plus & Minus,Gunting,Stappler,Pensil,Paku   

Setelah alat dan bahan untuk membuat mesin sudah terkumpul semua, langkah selanjutnya yaitu membuat bagian –bagian dari mesin penetas telur seperti : Box Mesin, Pintu Box Mesin, Tatakan Telur.

A. Membuat Box Mesin Tetas

Buat gambar pola “persegi panjang” pada “Multiplex” dan potong menjadi 6 bagian dengan ketentuan seperti berikut:


cara membuat box mesin

    Ukuran 40cm x 30cm sebanyak “2 lembar” untuk bagian atas dan bawah mesin.
    Ukuran 30cm x 30cm sebanyak “2 lembar” untuk sisi kanan dan kiri mesin.
    Ukuran 36cm x 30cm sebanyak “1 lembar” untuk dinding belakang dan pintu mesin.

Potong sesuai pola dan tandai bagian-bagian yang telah dipotong. (A=atas, B=bawah, Blk=belakang, Ka=kanan, Ki=kiri, P=pintu)


papan yang sudah di potong

Rangkai Multiplex yang sudah terpotong pada bagian bawah, kanan, kiri dan belakang mesin sehingga seperti gambar dibawah ini:
Rangkai papan

Beri lobang kecil pada sisi bawah dan atas untuk sirkulasi udara.
Pembuatan lubang ventilasi

Potong kayu reng dengan ukuran 36cm 1 batang dan 26 cm 2 batang, pasang 3 kayu yang sudah terpotong tersebut sesuai gambar : (Pastikan jarak antara alas mesin dengan dudukan alas/tempat telur bisa dimasuki bak air)
pemotongan reng sesuai ukuran

skat untuk alas

B. Instalasi Lampu dan Thermostat

Untuk menciptakan keadaan yang hangat pada telur, maka diperlukan bahan-bahan yang dapat menciptakan sumber panas seperti : Thermostat dan lampu.


    Instalasi Lampu Penerangan
    Setelah boks sudah jadi, pasang kedua Fitting lampu yang telah dipasangi kabel pada dinding dalam sebelah kanan dan kiri seperti gambar :
    pemasangan fitting
    Instalasi Thermostat
    Buat lubang pada Atap Mesin sesuai ukuran Saklar, pasang dudukan tempat thermostat dan lakukan instalasi seperti sesuai skema pada gambar dibawah :

rangkaian termostat

saklar termosstat

C. Membuat Pintu Mesin

Dalam membuat pintu mesin, bahan-bahan yang harus dipersiapkan yaitu: Triplek + (30cm x 36cm), Multiplek, 1 lembar mika putih dan 2 buah engsel pintu kecil. Langsung saja berikut cara membuatnya :


Buat pola pada triplek dan multiplek, kemudian potong dan beri lubang dengan ukuran seperti pada gambar berikut :

pola untuk tutup mesin

Pasang plastik mika dibagian belakang triplek seperti gambar dibawah :

pemasangan plastik mika

Pasang Engsel Pintu pada bagian depan multiplek.


pemasangan engsel

Gabungkan triplek di bagian depan dengan multiplek di bagian belakang.

penggabungan tutup mesin

Pasang Pintu Mesin yang sudah jadi pada mesin. Untuk mempermudah membukanya beri handle kecil didepan pintu mesin.




penggabungan tutup denan mesin

Jangan lupa, Buat juga penyangga mesin dibawah alas mesin dan pegangan untuk mengangkat di sisi mesin.

pembuatan penyangga

D. Membuat Tempat Tatakan Telur

Tatakan terlur ini merupakan tempat yang nantinya kita gunakan sebagai tempat meletakkan telur sekaligus tempat menetasnya telur. Dan untuk membuatnya bahan-bahan yang harus disiapkan seperti: Isolasi secukupnya, 1 Lembar kawat kasa 0,6cm (26,25cm x 36,25cm) dan Multiplek.

    Buat tatakan telur seperti gambar dibawah dengan ukuran 36,25 cm x 26,25cm x 4cm.pembuatan tatakan telur
    Pasang tatakan telur pada dudukan yang sudah tersedia didalam kotak mesin.
    pasang tatakan telur ke penyekat
    Pasang bak air dibawah tatakan telur yang sudah jadi sebagai pelembab udara tepat dibawah tatakan telur dan pasang juga Termometer tepat ditengah tatakan telur.
    mesin penetas telur yang sudah jadi
    Sampai disini mesin penetas telur sederhana sudah jadi dan untuk menggunakannya jangan lupa beri air pada bak air sebagai pengatur suhu.

tampilan mesin penetas yang sudah jadi

Demikian tutorial cara membuat mesin penetas telur sederhana. Sebetulnya, untuk membuat mesin tetas ini sangatlah mudah, kita bisa mengkreasikannya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan.

Popular posts from this blog

Penghasil Rempah Dunia

Indonesia, Penghasil Rempah Dunia Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau memiliki rasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil pada makanan, berfungsi sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering.Rempah-rempah merupakan barang dagangan paling berharga pada zaman prakolonial. Banyak rempah dulunya digunakan dalam pengobatan.

Budidaya Kacang Tanah

Tips Wirausaha - Tanaman kacang tanah tergolong kerabat dekat polong-polongan (fabaceae ) dan tanaman ini berasal dari Negara Brazillia,Amerika Selatan, dan kacang tanah di Indonesia merupakan tanaman terpenting ke-dua (2) dalam jenis kacang-kacangan setelah kedelai.Tanaman kacang tanah mungkin tidak asing diteliga sahabat petani semua,jenis tanaman yang satu ini lebih poluler sebagai olah makanan. Kondisi iklim Indonesia yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman ini menjadikan tanaman mudah sekali beradaptasi, berdasarkan informasi pasar terkini  untuk harga kacang tanah kupas kering berkisar Rp.17.000-Rp.18.000 dan untuk kacang tanah basah berkulit Rp.8000.-Rp.9000,  hal ini menjadi prospek budidaya menjanjikan untuk memulai usaha budidaya kacang.